Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

Kucing Makan Rumput

Pernahkah kamu melihat kucing kamu memakan rumput? Apakah kamu harus membiarkan atau melarangnya?
 
Banyak orang yang heran karena kucing mereka sering makan rumput atau daun-daunan.  Padahal kucing adalah hewan karnivora yang seharusnya makan daging.  Ini adalah hal yang biasa untuk kucing dan kamu tidak perlu melarang kucing kamu makan rumput.
Kucing membutuhkan rerumputan untuk membantu proses pencernaan di dalam tubuh mereka.  Rerumputan tersebut dapat berfungsi sebagai serat yang mampu memperlancar pencernaan si kucing.  Fungsi rumput itu sendiri adalah untuk membantu membuang gumpalan/bola bulu (hairball) yang menumpuk di dalam perut kucing pada saat kucing menjilati bulu mereka.  Tanpa adanya serat dari rerumputan, bola bulu tersebut akan tetap berada di dalam perut.  Apabila tidak dikeluarkan maka akan mengakibatkan sakit pada si kucing, sakit tersebut dapat berupa lemas, batuk-batuk, buang air tidak lancar, dan kurangnya nafsu makan.

Seperti halnya manusia, pencernaan pada manusia juga membutuhkan serat untuk memperlancar pembuangan makanan di dalam perut.
Selain itu, rumput yang dimakan kucing juga dapat berfungsi sebagai pembersih mulut alami. Dengan rumput itu, kucing dapat membersihkan gigi mereka dari kotoran-kotoran dan memperkuat gigi.
Apa yang harus Kamu lakukan?
Ada beberapa panduan untuk kucing kamu mengenai hal ini :
1. Kalau kamu membiarkan kucing kamu berkeliaran di luar, biarkan si kucing mencari rumput yang dia sukai. Jangan melarangnya untuk memakan rumput, kucing tahu rumput yang mereka suka.
2. Kalau kamu merawat kucing kamu di dalam rumah (tidak dibiarkan ke luar rumah), ajaklah kucing kamu ke rerumputan untuk dimakan, kucing makan rumput biasanya minimal 1 kali sebulan. Jangan paksa si kucing untuk memakan rumput pilihan Kamu, biarkan si kucing memilih rumputnya.
3. Kamu juga bisa menanam rumput di dalam rumah, misal di dalam pot.  Untuk hal ini, pastikan rumput tersebut tidak mengandung pestisida atau bahan kimia lain, karena akan berbahaya untuk pencernaan si kucing.
Oke, semoga informasi ini dapat membantu kehidupan kucing kesayangan Kamu.. :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar